"KEBUN FLASMA NUTFAH COCOK DI KEMBANGKAN DI AREA KANTOR BUPATI"



Melawi, detiksatu.com
Semenjak diterbitkannya SK  Nomor 34 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau di provinsi Kalimantan Barat lima belas tahun sudah pemerintahan kabupaten Melawi berjalan sampai saat ini pelayanan publik khususnya yang berkaitan langsung dengan Bupati kantornya masih numpang di kantor dinas PUPR Kabupaten Melawi.

Kini pembangunan Kantor Bupati tersebut walaupun sempat mengalami kendala semenjak awal pekerjaan di tahun 2004 yang lalu bahkan sampai berurusan ke aparat penegak hukum sedikit demi sedikit pembangunan tersebut berjalan dengan lancar dan baik.

Terdapat berbagai masukan dari komponen masyarakat peduli lingkungan dengan berdirinya Kantor Bupati tersebut mereka memiliki ide briliyan serta kreatif.
Agar pemerintah bisa memanfaatkan areal yang luas tersebut dan mempunyai konsep mensinergikan menjaga serta menerapkan Kebun flasma Nutfah.

Guna dijadikan taman hijau lestari berupa tumbuh tumbuhan hutan yang langka seperti kayu besi atau ulin, tengkawang keruwing dan bengkirai serta tanaman lainnya.

Disamping mempercantik halaman taman tersebut bisa dijadikan objek wisata lokal dan penelitian jenis kayu kayuan asli kalimantan.
Yang tak kalah penting taman tersebut dapat mengurangi erosi serta menambah pasokan oksigen bagi kehidupan masyarakat sekitar kota Nanga Pinoh.

Konsep itu dinamai Kebun percontohan utk tanaman keras menjadi smacam Kawasan Hutan hijau bertujuan selain masyarakat leluasa menanam dan menikmati hasil alamnya. Masyarakat juga senantiasa dengan kepedulian tinggi selalu menjaganya supaya tetap lestari. 

Beragam tumbuhan yang ditanam di hutan tersebut sehingga masyarakat kabupaten melawi mempunyai rasa bangga dan bisa mencintai lingkungan.

Laporan :  Jumain.
Editor.    : Kornelis

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *