Pemkab. Launching Geoportal. Geoportal Untuk Menemukan Dan Mengakses Informasi Geografis



SINTANG-KALBAR. DetikSatu. com
Setelah rapat bersama Forkopimda se-Kabupaten Sintang selesai dilaksanakan , kemudian dilanjutkan dengan Launching Geoportal. Bertempat di Pendopo, komplek Rumah Dinas Bupati Sintang,  senin (14/01/2019).

Geoportal sendiri adalah suatu jenis web yang digunakan untuk menemukan dan mengakses informasi Geografis.  Yakni,  seperti layanan geografis yang  terkait tampilan, dan pengeditan melalui internet.

Web Geoportal dinilai sangat penting untuk penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG). Informasi yang efektif dan elemen adalah kunci Infrastruktur Data Spasial (IDS).

 Agen pemerintah dan sumber komersial  termasuk  penyedia informasi geografis yang menggunakan Geoportals untuk menerbitkan deskripsi dari informasi geografis mereka.

Pengguna atau biasa yang  disebut dengan Konsumen informasi geografis,  biasanya terdiri dari pengguna profesional atau pengguna biasa. Mereka menggunakan Geoportals untuk mencari dan mengakses informasi yang diperlukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Baik itu menggunakan Handphone, komputer, maupun Laptop.

Maka dari itu Geoportal berperan sangat penting dalam mendapatkan berbagi informasi geografis. "Sehingga dari hal tersebut dapat terhindar dari upaya duplikasi, sumber daya terbuang, inkonsistensi, kebingungan, dan suatu keterlambatan", kata Jarot.

Sementara itu menanggapi hal tersebut,  Bupati Sintang Jarot Winarno,  mengatakan bahwa kita patut bersyukur. "Kenapa?,  karena Kabupaten Sintang sudah memiliki sistem informasi dan data yang akurat melalui Geoportal ini", ucapnya.

Untuk itu Ia mengharapkan kepada para perangkat OPD khususnya di wilayah pimpinannya, yaitu kabupaten sintang. Agar dapat menggunakan aplikasi berbasis informasi canggih tersebut dengan baik. Serta dapat  mengoptimalkan penggunaannya, sebagai penunjang pekerjaan. Sehingga timbulah manfaat dan nilai-nilai positif dari di launching Geoportal tersebut.
(Benidiktus Krismono)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *