Peran Polres Melawi Dalam Penanggulangan Premanisme Untuk Mengamankan Prioritas Nasional Pemilu Tahun 2019



 Melawi,detiksatu.com
Salah satu ancaman kriminalitas yang dihadapi oleh Polri untuk penguatan keamanan, ketertiban dan public trust dalam rangka mendukung program prioritas nasional (Pileg dan Pilpres tahun 2019) sebagai wujud dari pencapaian kebijakan dan strategi yang telah dirumuskan adalah timbulnya aksi - aksi kejahatan yang dilakukan oleh premanisme.

Penerapan sistem penanggulangan premanisme yang dilakukan Polri secara professional tentunya dapat menekan terjadinya kriminalitas.

Penanggulangan premanisme yang dilakukan oleh Polri untuk mendukung program prioritas Nasional (Pilpres dan Pileg tahun 2019) dilakukan dengan pendekatan penal yakni berorientasi pada tindakan pembersihan dan pemberantasan premanisme sebagaimana telah dirumuskan pada program III Quick Wins Promoter Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D dan commander wish Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. Pendekatan lainnya yakni pendekatan non penal yang lebih berorientasi pada tindakan pencegahan dari mulai potensi gangguan sampai dengan ambang gangguan, misalnya melakukan kegiatan yang berorientasi pada problem oriented policing dan penguatan sinergitas.

Di samping itu, peran Polri (Polres Melawi) didalam penanggulangan premanisme diharapkan bukan lagi sebagai alat penguasa melainkan sebagai institusi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dengan tidak lagi mengedepankan kekerasan, lebih mengarah pada pendekatan system thinking (berfikir sistem), knowledge, skill dan atitude melalui pembenahan soft skil. Hal ini merupakan kerangka dasar dari profesionalisme Polri.

Dalam hal ini Polri khususnya Polres Melawi akan optimalkan dalam penanggulangan premanisme tentunya berimplikasi pada program pembersihan premanisme sebagaimana digariskan pada kebijakan dan strategi Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si untuk menciptakan serta menjaga kondusifitas kamtibmas daerah Kabupaten Melawi tahun 2019.

Dalam penanggulangan dan pembersihan premanisme Satbinmas Polres Melawi yang dikedepankan melaksanakan Quick Wins program III dalam giat aksi Nasional Pembersihan Preman dan Premanisme, yaitu melaksanakan sambang dan penling kamtibmas sambangi masyarakat di Desa Kenual, Desa Tanjung Niaga, Desa Sidomulyo,  Desa Baru,  Desa Tanjung Tengang dengan menggunakan mobil dinas Sat Binmas bentuk kegiatan yaitu sambang dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang masih ngumpul atau kongko" diluar rumah. Dengan tujuan utk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif disekitar lingkungan masyarakat, Minggu (20/1/2019) malam.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun diwakili oleh PS  Kanit Binpolmas Sat Binmas Aiptu MTL. Tobing diikuti oleh Kaur Mintu Brigadir Ngadino dan Anggota Satbinmas Brigadir Juliansyah.

Dalam kesempatan tersebut Aiptu MTL. Tobing berpesan kepada masyarakat, agar selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama, menjaga persatuan, saling menghormati serta menghargai keberagaman adat istiadat maupun suku yang berbeda, junjung tinggi nilai – nilai norma yang ada di masyarakat, serta selalu waspada dan saling peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Karena kejahatan itu terjadi karena ada niat dan kesempatan, jelasnya.
Publish :Jumain

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *