Waspada Rabies sanggau sudah 35 Kasus Gigitan Anjing di tahun 2019.

Foto : istimewa


SANGGAU,KALBAR,Detiksatu.com
Terhadap kasus gigitan anjing dinas kesehatan kabupaten sanggau,menghimbau kepada masayarakat agar selalu berhati hati.

Diketahui bahwa menurut laporan yang di terima oleh dinas kesehatan kabupaten untuk tahun 2018 terdapat 997 Kasus gigitan dan hingga, saat ini febuari 2019 terdapat tiga kecamatan yang menyumbang gigitan terbanyak , diantaranya Kecamatan Parindu 16 kasus gigitan , kecamatan meliau 10 kasus dan Kecamatan jangkang 9 kasus. untuk total secara keseluruhan setiap kecamatan 35 kasus.

Data tersebut disampaikan oleh Kepala dinas kesehatan kabupaten sanggau melalui kepala bidang P2M Sarimin sitepu,saat di temui Detiksatu.com diruangan kerjanya,pada (6/2/2019).

Dirinya juga menambahkan bahwa untuk kasus gigitan anjing ini merupakan masalah hulu dan hilir dimana hulunya itu merupakan Dinas Peternakan dan hilirnya adalah di dinas kesehatan.

"kasus ini adalah hulu dan hilir karna hulunya itu adalah teman-teman di dinas perternakan lah yang menyelsaikanya sedangkan untuk di dinas kesehatan kitalah yang bertanggung jawab" ujar Kepala bidang P2M Sarimin Sitepu.

Seperti yang di ketahui bahwa penularan penyakit rabies ini melalui gigitan anjing dan harus di hindari.
Kepala Bidang P2M Sarimin sitepu juga menjelaskan apabila ada warga yang tergigit agar segera melaporkan ke puskesmas terdekat untuk segera di tangani.

"jadi untuk sejauh ini dari semua kasus gigitan anjing yang ada hingga saat ini sudah di tangani dengan baik dan sudah mendapatkan suntikan VAR (Vaksin Anti Rabies)" Tegasnya.


Laporan : Kornelis.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *