SMKN 1 Nanga Pinoh Terendam Banjir jika Hujan


MELAWI,Detiksatu.com
memprihatinkan musim hujan tiba yang terjadi di Kabupaten Melawi membuat salah satu sekolah di Kecamatan Nanga Pinoh tergenang air, Selasa (2/4/2019) .

Tidak hanya kali ini aja, bahkan setiap tiba musim hujan halaman sekolah. Salah satunya SMK Negeri 1 Nanga Pinoh yang terletak di Desa Sido Mulyo.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nanga Pinoh Yuce Alpiokta, S.Pd, M.Si, menuturkan setiap kali hujan turun dengan intensitas tinggi, membuat sekolahnya itu tergenang.

Bahkan saat hari-hari efektif membuat aktifitas belajar mengajar sedikit terganggu.
"Kalau hujan pasti disini banjir,," katanya.

Dikatakannya, halaman sekolahan yang tergenang lantaran saluran air di sekeliling sekolah tak mampu menampung limpasan air hujan.

Selain volume curah hujan cukup tinggi drainase yang ada tersumbat dan tidak mampu menampung air, genangan air itu terjadi lantaran bangunan sekolah yang sangat rendah, sehingga sekolah itu menjadi langganan banjir.

"Luapan air hujan dari sekitar mengalir masuk ke selokan. sehingga air tidak bisa mengalir hingga menggenangi halaman sekolah, apalagi kondisi lapangan sekolah sangat rendah," ujarnya.

Yuce Alpiokta menjelaskan, kondisi sekolah yang kerap tergenang air sudah dilaporkan pihaknya kepada dinas terkait agar dapat dilakukan penimbunan. Kemudian, pihaknya juga sudah melakukan kordinasi dengan pihak komete.

"Harapan kami bisa dibuatkan drainase yang memadai, agar saluran air berjalan lancar, dan genangan air tidak mengalir lagi kesekolah," harap Yuce Alpiokta.

Salah seorang warga yang tidak mau di tulis namanya Rumahnya berdekatan dengan sekolah tersebut membenarkan adanya banjir jika turun hujan.

Warga juga menyampaikan kepada awak media tergenangnya air akibat saluran drenasi sumbat sehingga tidak mampu menampung debit air.
Itu perlu perhatian dari pemerintah daerah setempat terutama (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) PUPR Kabupaten Melawi ujarnya. (Jumain/Jhon)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *