Buka Workshop Program READ-SI, Bupati Sanggau Berharap outcome ke Masyarakat


Sanggau-Detiksatu.com
Bupati Sanggau Paoulus Hadi membuka kegiatn start up workshop Program READ-SI di lantai 1 Bupati Sanggau,Pada 29/7/2019 Pagi.

Program READ-SI merupakan scaling up Program RuralEmpowerment Agricultural Developmeni (READ) yang telah
dilakukan pada tahun 2008-2014 di 5 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, dilanjutkan dengan Replikasi Program READ pada tahun 2015-2017 di 4 Kabupaten perbatasan di Propinsi Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk di kalimantan Barat yang mendapat bantuan tersebut adalah Sanggau dan Sambas. Rencananya program ini akan berlangsung mulai 2019-2023.

Bantuan tersebut melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) mendapatkan bantuan Rp 14 milyar dari program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling Up Initiative (READ-SI).

Dalam sambutanya Wahyu Rahmahwan merupakan perwakilan dari READ-SI mengatakan bahwa progrm tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat.

"program ini memang lebih kepada ke pemberdayaan masyarakat bagaimana mereka nanti bisa lebih baik kedepannya dengan bantuan bantuan Project" ujar Wahyu

Ditambahkan juga oleh Wahyu bahwa dalam menjalankan Projec tersebut tentunya tidak berjalan sendiri sehingga perlu patner hingga perlu keterlibatan pihak swasta,dan telah menjalin suatu perjanj8an kerjasama dengan perusahaan MultiNasional.

Disamping itu Bupati Sanggau juga menjelaskan lembali bahwa Konsep yang di Program Rural Empowerment Agricultural Developmeni (READ) dana pinjaman untuk menjalankan program di tingkat bawah.

“Jadi Indonesia ini pinjam uang. Tapi ketika program ini mau dibuat di tingkat bawah, seperti kita ini, uang itu tidak langsung pemerintah kasih ke kita. Dimodali dulu oleh APBD, sehingga tahun ini kita memodalinya Rp1,1 milyar, untuk tadi manajemennya, kemudian persiapan sekolah lapangannya dan seterusnya. Dan itu ada di Sekayam, Beduai dan Entikong. Nanti kita klaim, kalau yang kita buat itu sesuai,” ujar Bupati Sangga, Paolus Hadi.

Bupati Sanggau Berharap dengan digelontorkanya sejumlah uang yang cukup banyak agar outcome ke masyarakat, terutama petani benar-benar bisa dirasakan. Terlebih dana itu hanya ‘numplek’ di tiga kecamatan: Sekayam, Beduai, Entikong, ditambahkan juga oleh bupati sanggau pemerintah pusat juga ‘memandang’ kecamatan lain di Sanggau. Tak melulu kecamatan di perbatasan. (Kornelis)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *