Ridwan Kamil: Pemkot Depok Harus Membiayai Pembebasan Lahannya



KOTA DEPOK -  Detiksatu.com 
Dalam kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Depok, Kamis (18/7/2019), akan memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Depok untuk meningkatkan pembangunan. Namun,
anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan underpass (terowongan) di Jalan Dewi Sartika, Pemerintah Kota Depok harus mengeluarkan uang untuk pembebasan lahan tersebut. Sedangkan untuk biaya pembangunan terowongannya ditanggung oleh Pemerintah Jawa Barat.

“Artinya, di tahun ini kita sedang menyiapkan DED (detailed engineering design), rancangan untuk penyelesaian kemacetan di Jalan Dewi Sartika, membuat underpass yang digambarnya tahun sekarang. Jadi, kita kerjakan mulai 2020 insya Allah kalau dilancarkan,” Ujar Ridwan Kamil, sapaan akrabnya kang Emil, Kamis (18/7/2019), di Balaikota Depok, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, bahwa Pemprov Jabar dan Pemkot Depok telah menyepakati kerja sama pembiayaan proyek underpass Dewi Sartika sekitar Rp 400 miliar itu. Dan telah disepakati bahwa Pemerintah Kota Depok Depok tetap harus keluar uang untuk biaya pembebasan lahan.

“Jadi, kita sudah sepakat. Dimana kita punya uang enggak ada masalah, tapi kan kita punya keterbatasan. Jadi kita bagi-bagi. Sebagian pembebasan (lahan) dari Depok, konstruksinya dari saya, dari provinsi,” jelas Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, bahwa besaran dana yang harus disiapkan Pemkot Depok untuk proyek tersebut kurang lebih sebesar Rp 240 miliar. Karena pembangunan underpass itu,  rencananya akan dimulai pada tahun 2020 dan diproyeksikan rampung dalam waktu satu tahun.

"Sebab, formula yang akan dipakai untuk menata kawasan Stasiun Citayam masih dibahas karena persoalannya lebih kompleks dibandingkan Jalan Dewi Sartika. Selain masalah kemacetan di Jalan Dewi Sartika, Pemprov Jabar dan Pemkot Depok  juga membahas rencana penataan kemacetan di sekitar Stasiun Citayam," pungkas orang nomor satu di Jawa Barat itu.

FALDI

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *