Sanggau targetkan ikut Pesparani Nasional II di Kupang tahun depan



Foto : Wakil Bupati Sanggau Membuka Kegiatan

Sanggau,Detiksatu.com
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, menyampaikan LP3KD Kabupaten Sanggau baru saja dibentuk dan dikukuhkan pada tahun 2018 yang lalu, dan saat itu Kabupaten Sanggau akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat untuk lomba Paduan Suara Dewasa Wanita (PSDW) di Event Pesarani Nasional di Ambon. Alhasil persiapan singkat tersebut membuahkan medali perak di tingkat Nasional.

"Luar biasanya, dengan persiapan yang singkat, Paduan Suara Wanita Kalbar dari Sanggau bisa maraih medali Perak. Dan kami ditingkat Kabupaten ini pun harus banyak belajar. Terima kasih kepada LP3KD Provinsi Kalimantan Barat sudah membimbing kami di Kabupaten terlebih sudah membimbing LP3KD Sanggau berlomba untuk Pesparani Nasional di Ambon, " kata Wabup Sanggau yang juga Ketua LP3KD Kabupaten Sanggau dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) perdana, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sanggau di Aula Santa Maria Laverna Sanggau (23/8/2019).



Namun, hal tersebut tidak membuat Ketua Umum LP3KD ini langsung puas, ia meminta pengurus LP3KD Kabupaten Sanggau mempersiapkan diri agar Kabupaten Sanggau bisa terlibat lagi Pesparani Nasional ke-2 di Kupang tahun 2020 yang akan datang.

Sebelum membuka Rakerda ini, Ketua LP3KD Privinsi Kalimantan Barat Drs. Ignasius Liong, MM menyampaikan, kepada LP3KD Kabupaten Sanggau agar tidak terlalu fokus dengan lomba paduan suaranya saja. Karena banyak faktor lain yang mendukung paduan suara menjadi lebih maksimal. Ia menambahkan, itu termasuk penilaian sukses atau tidaknya kinerja LP3KD Kabupaten. Ia juga meminta agar LP3KD Kabupaten Sanggau bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Tokoh Agama, serta Organisasi yabg ada di Kabupaten Sanggau.



"Berapa orang yang pandai main musik (main organ), berapa orang yang bisa jadi dirijen, dan ilmu-ilmu liturgi yang lain, semua itu harus terkoordinir dengan baik. Kami juga berterima kasih kepada LP3KD Kabupaten Sanggau membentuk LP3KD sampai ketingkat Kecamatan. Dan berkenaan dengan rencana dilaksanakannya Pesparani Nasional ke-2 di Kupang, kami selaku pengurus Provinsi mohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sanggau, dan berharap LP3KD Kabupaten Sanggau juga bisa terlibat lagi mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Sanggau, " ujar Liong.


Ketua Panitia Rakerda Susana Herpena menyampaikan lewat laporannya, Raker ini merupakan kegiatan rutin yang ke depannya harus diselenggarakan setiap tahunnya. Yang menjadi landasan pemikiran yang mendorong terlaksananya Raker LP3KD tahun 2019 ini antara lain, pertama, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 35 tahun 2016 tentang Pembinaan dan pengembangan pesta paduan suara gerejani Katolik. Kedua, keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 483 tahun 2019 tentang penetapan kota Kupang sebagai tempat terlaksananya pesta paduan suara gereja di tingkat nasional ke-2 tahun 2020. Ketiga, surat keputusan Bupati Sanggau tahun nomor 425 tahun 2017 tentang pembentukan lembaga pembinaan dan pengembangan pesta paduan suara gereja Katolik Kabupaten Sanggau periode 2017 - 2022. Ke 4 surat edaran Bupati Sanggau nomor 450 / 224 / Kesra / perihal pembentukan lembaga pembinaan dan pengembangan pesparani Kecamatan periode 2017- 2022. (Christ)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *