Sutarmidji : Saya Akan Carikan Solusi Bagi Petani Pembakaran Lahan



Pontianak - Detiksatu.com
Menyikapi terkait kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau ini, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan bahwa ia akan mencarikan solusi bagi petani yang melakukan pembakaran lahan, mengingat hal tersebut sudah dilakukan secara turun-temurun dan juga  dilindungi Undang-Undang. 

" Bagi masyarakat petani akan kita carikan solusinya, karena ini untuk masyarakat kita, apalagi membakar lahan merupakan tradisi turun-temurun dan juga dilindungi Undang-Undang." Jelas Gubernur dalam wawancaranya selepas membuka Rakor Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi se-Kalbar di H Kapuas Palace Pontianak, (8/8/2019)

Walaupun demikian menurut Gubernur, pihaknya akan melakukan pengawasan yang ketat terkait pembakaran lahan tersebut.

"Kita akan awasi dengan ketat pembakaran lahan tersebut, Jangan dibakar, lalu die balek tidok." Tegas Midji dengan dialek Melayu Pontianaknya. 

Lebih lanjut dijelaskan oleh mantan Walikota Pontianak dua periode ini, bahwa membakar lahan harus terencana, teratur, ditunggu, disiapkan, "Jadi jangan dibiarkan." Tegasnya.

Lebih lanjut Gubernur berpesan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan agar selalu memantau, "Jadi mereka Jangan diam, lakukan pemantauan." Pintanya.

Lebih jauh Gubernur juga berpesan, agar dimusim kemarau ini sumur-sumur pompa yang sudah ada supaya dimanfaatkan untuk menyiram lahan, " Jangan tunggu sudah terjadi kebakaran." Pesannya mengakhiri. (kun)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *