Pentolan P Ramlee Akan hadir di acara Penutupan festival budaya paraje' XI di Keraton Surya Negara Sanggau.



Sanggau, Detiksatu.com - Sedikitnya 48 orang anggota Club Peminat P Ramlee Serawak, Malaysia bertandang ke Keraton Surya Negara Sanggau, Jumat (20/9/2019).

Kedatangan para pencinta penyanyi legendaris P Ramlee ini dipimpin Datok Adibadio Zaman Tuah. Pria berketurunan Jawa-Sambas ini menjabat selaku President Club Peminat P Ramlee, Serawak. 

Para anggota Club Peminat P Ramlee Serawak, akan menampilkan persembahan pada penutupan Paradjek Pasaka Negeri, digelar malam Minggu (21/9/2019) dengan kisaran durasi 2 jam.

Keanggotaan Club Peminat P Ramlee Serawak yang datang ini dominan sudah berumur. Namun, ada seorang yang termuda yakni Halim berusia 14 tahun. Anak muda ini dikabarkan sudah menggandrungi lagu-lagu P Ramlee dan bergabung di club itu sejak berusia 8 tahun.

Dan saat pementasan malam penutupan Paradjek Pasak Negeri Sanggau ke-11, anak baru gede (ABG) berpenampilan keren ini akan turut menembangkan beberapa lagu P Ramlee.
Kehadiran Club Peminat P Ramlee Serawak di Keraton Surya Negara Sanggau ini disambut langsung Raja Sanggau Drs H Gusti Arman M Si didampingi Ratu Suri Hj Sri Rahmawati. 

Kedatangan dan turut sertanya Club Peminat P Ramlee memeriahkan malam penutupan Paradjek Pasaka Negeri kali ini, atas diinisiasi Ketua MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan S TP, MM.

"Dalam sejarah kita ini serumpun. Melayu Indonesia khususnya Sanggau dengan Malaysia sangat banyak kesamaan budaya. Atasnama keluarga besar Kraton Surya Negara, saya ucapkan terima kasih atas kunjungan Datok-datok ini, yang mau bersilaturahmi dan bertukat pikiran," ujar Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si.



Selain itu Raja Sanggau memaparkan sekilas tentang asal muasal Kerajaan Sanggau.  Dan tentang perjalanan pelestarian budaya Melayu di Kabupaten Sanggau hingga saat ini.

" Berbagai upaya telah dilaksanakan, dan pemerintah pun turut serta mendukung. Tujuannya agar pelestarian dan eksistensi budaya Melayu tetap terjaga dan semakin berkembang di Kabupaten Sanggau ini," ujar pria yang akrab disapa Pak Teh ini.

Dijelaskan, saat Paradjek kali ini ada beberapa perlombaan ditiadakan, karena faktor alam.

" Ada beberapa kategori perlombaan kita tiadakan, seperti lomba sampan, lomba speedboat. Ini karena cuaca dan air sangat surut. Biasanya saat lomba sampan penontonnya ramai sekali," jelasnya.

President Club Peminat P. Ramlee Serawak, Datok Adibadio Zaman Tuah mengucapkan terima kasih karena telah diterima langsung oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara didampingi Ratu Suri.

Pria yang menduduki Jabatan Biro Perhikmatan Pendidikan Majelis Islam Serawak ini memaparkan sekilas tentang 
peninggalan artis legendaris P Ramlee yang banyak meninggalkan pesan dan wejangan yang masih relevan saat ini, yang diantaranya kalimat "cobaan".

"Kalimat "cobaan" membuat kita tetap selalu semangat, walau selalu ditimpa masalah. Inilah salah satu peninggalan P Ramlee yang relevan dalam kehidupan saat ini," ungkapnya.

Datok Adibadio Zaman Tuah menambahkan, Club Peminat P. Ramlee Serawak ini merupakan wadah untuk bertukar pikiran, berbagi informasi dan melestarikan serta selalu mengingat, mengenang P Ramlee.

" Banyak hal yang sudah kami laksanakan dalam Club Peminat P Ramlee ini," ujarnya.

Sementara, Ketua MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan S TP, M Si kedatangan anggota Club Peminat P. Ramlee Serawak atas kerjasama yang baik selama ini terkait dengan budaya.

"Sebenarnya mereka datang akan lebih banyak lagi. Cuma karena berhalangan, maka hanya datang 48 orang saja. Jalinan silaturahmin kita sudah lama terjali dengan Club Peminat P. Ramlee Serawak," ungkapnya.

Selain itu kata Budi, dengan kedatangan anggota Club Peminat P. Ramlee Serawak ini, dengan harapan sepulang mereka ke negaranya bisa menceritakan bagaimana eksistensi pengembangan budaya melayu di Kabupaten Sanggau.

 " Ini harapan kita, agar kedepan jalinan silaturahmi tetap terjaga. Dan bisa sharing informasi tentang pelestarian dan memajukan budaya melayu kedepan," tuturnya. (Tim/res)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *