Hadiri Pelantikan HKTI Kabupaten Sintang, Ini Kata Tuah Mangasiih


SINTANG. Anggota DPRD Sintang Tuah Mangasih hadiri acara pelantikan pengurus himpunan kerukunan tani Indonesia (HKTI) di Pondopo Bupati Sintang, Kamis pagi (03/10/2019). Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Sintang beserta jajaran Forkopimda, Ketua DPP HKTI Provinsi Kalimantan Barat dan jajaran pengurus HKTI Kabupaten Sintang.

Usai kegiatan tersebut saat di temui awak media Tuah mengatakan, bahwa HKTI adalah merupakan tempat perhimpunan para petani Indonesia selaku Anggota DPRD Sintang dan juga sebagai kepengurus HKTI Kabupaten Sintang dirinya merasa senang dengan telah dilantiknya kepengurusan HKTI di Kabupaten Sintang, karena hal ini adalah merupakan titik terang dari Pemerintah Daerah dalam memperhatikan petani keseluruhannya. 

Dikatakan tuah Petani tidak hanya menanam padi atau jagung saja, namun petani juga harus di didik dan di buka wawasannya agar tidak terpaku dengan karet, sawit, dan lada namun petani juga harus mencoba komunitas-komunitas lain yang juga dapat menjanjikan posisi ekonomi.

“Misalnya seperti menamam pinang dan Kertum, ini kan merupakan jangka panjang apalagi kalau menam pinang akan bertahan lama tidak bersifat sementara seperti padi atau jagung,” kata Tuah.


Tuah berharap dengan adanya HKTI di Kabupaten Sintang dapat menjadi pembina bagi para petani di sintang dalam meningkatkan mutu tani, dan dikatakanya HKTI juga merupakan Organisasi terbesar sampai ke pusat dan merupakan tolak ukur bagi para petani, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten. Diharapakannya, bahwa kehadiran HKTI di Kabupaten jangan hanya sekedar serimonial saja, namun hendaknya harus mampu membentuk petani yang lebih bermutu. 

“Memang dalam kepengurusan HKTI itu sendiri tidak banyak petani tapi semuanya, dari tokoh-tokoh petani, sehingga nantinya para tokoh pegani ini membawa para petani-petaninya,” ujar Tuah.

Dikatakan Tuah, pada saat ini pengurus HKTI di Kabupaten Sintang hanya di bentuk di tingkat Kabupaten, dan akan membawahi wilayahnya masing-masing. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *