Tuah Mangasih : Petani Jangan Hanya Tanam Karet dan Lada


SINTANG. Anggota DPRD Kabupaten Sintang Tuah Mangasih meminta agar para Petani di Kabupaten Sintang tidak hanya terpaku dengan menanam karet dan lada. Ia berharap para petani nuga dapat menanam komunitas-komunitas lainnya yang dapat menjanjikan ekonomi kehidupan dengan jangka panjang. Hal ini dikatakan Tuah kepada awak media usai menghadiri acara pelantikan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Sintang, di Pondopo Bupati Sintang, Kamis pagi (03/10/2018).

Menurut Tuah, selain menamam Karet dan karet petani juga dapat menanam tanaman yang dapat menjanji ekonomi kehidupan dalam jangka panjang misalnya seperti, Pinang maupun komunitas-komunitas lainnya yang dapat menjanjikan kehidupan jangka panjang. Sebab menurutnya jika petani hanya terpaku dengan menanam karet maupun lada saja. Diharapkan Tuah para petani agar dapat menanam komunitas-komunitas tanaman endemik yang memiliki pontensi tinggi serta nilai ekspor yang tinggi.

“Iya, saya berharap para petani tidak hanya terpaku dengan menanam karet, sawit atau lada, saya berharap petani dapat menanam komunitas lain yang dapat menjadi ingkam kehidupan, hal ini adalah untuk mengatasi persolan di saat harga karet anjlok, maka kita sanhgat berharap petani tidak terpaku dengan menanam karet, dan sawit saja,” kata Tuah. 

“Artinya petani haruslah mencari komunitas yang tidak mudah rusak misalnya seperti pinangkan tida mudah rusak,” lanjut Tuah. 

Dikatakan tuah pada saat ini di Kalimantan Barat tanaman pinang belum di kembangkan sedangkan di daerah Sumtra tanaman pinang sudah di kembangkan, ia juga berharap agar para petani secara khusus di Kabupaten Sintang juga dapat menanam pinang, sebab pinang adalah merupakan tanaman yang tahan lama serta memiliki pontesi tinggi dan nilai ekspor. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *