Anis Baswedan Mengatakan Pergub Skuter di Trotoar Masih Digodok Dishub DKI

Sumber Foto : Tirto.id

Detiksatu.com
Penggunaan skuter di ibukota Jakarta saat ini menjadi sorotan publik. Pasalnya skuter listrik di Jakarta sudah semakin banyak para pengguna. Sehingga diperlukan peraturan khusus untuk mengatur keberadaan skuter listrik di ibukota. 

Gubernur DKI Jakarta Anis Rasyid Baswedan mengatakan bahwa peraturan penggunaan skuter listrik sudah dimasukkan dalam peraturan gubernur. Namun, pengguna skuter listrik ini masih dikaji oleh kepala dinas perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. 

Pernyataan ini menanggapi belum adanya peraturan yang jelas terkait operasional skuter listrik di DKI Jakarta. Beberapa hari lalu dunia Maya dihebohkan dengan kejadian tabrakan yang menewaskan pengguna Skuter listrik Grabwheels yang bertabrakan dengan pengendara mobil Toyota Camry pada Minggu (10/11/2019) sekitar pukul 03.29 WIB.

Anis Baswedan mengatakan Itu [Pergub Skuter Listrik] lagi digodok oleh Pak Kadishub. Nanti Pak Kadishub saja yang mengomentari itu," kata dia usai hadir di Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). 

Mantan Menteri Pendidikan Kebudayaan ini pun enggan menanggapi tentang peristiwa yang dialami oleh pengguna skuter listrik yang tertabrak oleh mobil sehingga mengakibatkan dua orang tewas dalam kejadian ini. Selain itu, Anis juga tidak mau berkomentar lebih lanjut tentang kerusakan JPO atau jembatan penyeberangan orang yang rusak akibat digunakan untuk dikendarai oleh para pengguna skuter listrik. Sekali lagi Anies meminta untuk menanyakan hal tersebut ke Kadishub Syafrin Lipito. 

Lain halnya dengan ungkapan yang dilontarkan oleh Kadishub DKI Jakarta Syahrul Lipito. Dua merespon tentang penggunaan skuter listrik di Jakarta yang kebanyakan dilintasi dengan aplikasi Grab.

Menurut Syrahrul Lipito di Jakarta sendiri belum memiliki peraturan khusus yang mengatur tentang penggunaan skuter listrik. Ia mengaku akan mengkaji peraturan tersebut supaya bisa memberikan rasa aman terhadap para pengguna maupun para pejalan kaki yang melintasi trotoar jalan di Jakarta, Oleh karena itu, Syafrin Lipito belum mau mengatur tentang penggunaan skuter listrik ini. Karena belum adanya regulasi yang jelas sehingga siapapun boleh menggunakan skuter listrik ini di trotoar. 

"Untuk jalur sepeda itu memang khusus untuk pesepeda, untuk otoped [skuter listrik] ini kan elektrik, perihal kecepatan kan dia beragam, saya pikir untuk masuk dan menggunakan jalur sepeda itu bukan masalah. Saat ini kita mendorong untuk ada persewaan sepeda, kita atur regulasi mengenai itu," katanya.

Seperti diketahui Skuter Grabwheels menjadi bahan perbincangan hangat di media belakangan ini. Setelah kejadian korban tabrak lari yang melibatkan mobil sedan dengan pengguna skuter listrik dikawasan FX Sudirman pada Minggu (9/11/2019). 

Sopir sedan sudah ditahan polisi dan terbukti mengkonsumsi alkohol sehingga mabuk saat menyetir. Skuter listrik GrabWheels pertama kali diluncurkan pada Mei 2019 lalu di BSD City Tangerang. Grab melalui kerja sama dengan Sinar Mas Land meresmikan proyek ini di kawasan Digital Hub BSD City. 

Skuter Grabwheels ini sudah semakin luas hingga wilayah Jabodetabek. Dan yang terbaru skuter ini dikenalkan di kampus ITB beberapa waktu lalu.  Dalam situs Grab sendiri sudah disediakan penggunaan dalam pemakaian skuter listrik ini.  

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum mengendarai GrabWheels. Sebelum berkendara, lakukan pemeriksaan singkat untuk hal-hal berikut. Pemeriksaan ini membutuhkan waktu sekitar 1 menit. Selain itu, sebelum menggunakan skuter listrik ini hendaknya perhatikan daya baterai yang akan digunakan. Caranya dengan Tekan e-skuter dari aplikasi untuk memeriksa level baterai.Setelah membuka GrabWheels, periksa hal ini.

Demikian beberapa ulasan tentang kasus tabrak lari yang melibatkan mobil sedan dan penggiba skuter listrik Grabwheels. Sehingga membuat Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan akan menerbitkan peraturan guna memberikan rasa nyaman terhadap penggunaan skuter listrik.


Penulis : Gemalata Lugap

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *