Dewan Minta Pemerintah Berikan Bantuan Hukum Terhadap Petani Yang Jadi Tersangka Karhutla


SINTANG. Anggota DPRD Kabupaten Sintang Welbertus meminta Kepada pihak Pemerintah Daerah untuk dapat memberikan bantuan hukum kepada para Petani yang menjadi tersangka Karhutla di Kabupaten Sintang. Menurut Welbertus dirinya sangat prihatin dengan beberapa Petani di Kabupaten Sintang yang mendekam di sel tahan akibat membakar ladang.

Menurutnya hal ini sangatlah janggal pasalnya ladang adalah merupakan kearifan lokal masyarakat sub suku Dayak yang telah dilakukan secara turun temurun, jika para petani yang membakar lahan harus ditangkap dan di tahan maka akan miris sekali nasibnya, sebab mereka berladang adalah sekedar untuk mencari makan dan memenuhi kebutuhan hidup, bebernya. Oleh sebab itu dirinya sangat berharap agar pihak Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan hukum kepada para Petani yang saat ini masih mendekam di sel tahanan.

“Kita sangat prihatin dengan kondisi beberapa Petani yang menjadi tersangka karhutla. Padahalkan mereka hanya membakar ladang sebab ladang adalah merupakan kearifan lokal yang telah dilakukan sejak lama secara turun temurun, kit berharap Pemerintah dapat memberikan solusi berupa bantuan hukum kepada para Petani yang di tahan,” ujarnya. (09/11/2019)

Selain itu dirinya juga berharap agar ke depanya Pemerintah dapat mebuat Perda inisiatif tentang kearifan lokang yaitu berladang, sebab sangat tidak mungkin jika berladang tidak di inginkan karena rata-rata masyarakat di Kabupaten Sintang pada umumnya yang di Desa-desa rata-rata berladang, katanya. Dalam hal ini Pemerintah harus memebrikan solusi bagi para Petani, harapnya. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *