Dewan Pentingya Pendidikan Karakter


SINTANG. Belum lama ini dunia pendidikan sempat di hebohkan dengan adanya berita salah seorang pelajar SMK di Kabupaten Sintang tewas dengan cara gantung diri. Seorang pelajar tersebut diduga nekad mengakhiri hidupnya akibat asmara, kejadian ini merupakan sebagai contoh betapa pentingnya penerapan Pendidikan karakgter di Sekolah.

Menanggapi hal ini Anggota DPRD Kabupaten Sintang Markus Jembari, menegaskan bahwa betapa pentingya penerpan Pendidikan karakter di setiap Sekolah, menurtnya Pendidikan karakter bukanlah hal yang baru di setara Nasional Indonesia, Menurutnya pada hakekatnya Pendidikan memiliki dua tujuan yaitu membentuk sesorang menjadi pintar serta juga membentuk sesorang menjadi bijak. Menjadikan sesorang untuk menjadi pintar menurutnya sangatlah mudah, namun menjadikan sesorang untuk menjadi bijak sangatlah sulit dalam mebentuk karakternya. Sebab karakter adalah merupakan aspek keperibadian seseorang yang mengambarkan secara utuh tentang mentalbilitas sesoarang, ujarnya.

“Pendidikan itu memiliki dua tujuan yaitu membentuk sesorang menjadi pintar dan membentuk sesoarang menjadi bijak. Kalau hanya ekedar membentuk sesorang menjadi pintar itu sangat mudah, namun membentuk seseorang menjadi bijak sangatlah sulit, sebab membentuk sesorang menjadi bijak kita harus membentuk karakter secara khusus, sebab karakter adalah merupkan gambaran dari keperibadian dan mentalbilitas sesorang,” ungkapnya.

Oleh sebab itu dirinya menegaskan agar Sekolah dalam memberikan pelajaran kepada anak di Sekolah tidak hanya sekedar meberikan pelajaran berupa materi atau serimonial saja, namun dah kalah pentingnya Guru harus mampu membentuk karakter para pelajar dengan menerpakan sistem Pendidikan karakter. Menurunya jika seorang anak telah di bentuk karakternya dengan baik maka tentu saja orang tersebut akan menjadi bijak, dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merusak masa depan mereka.

Sementara itu salah seorang warga Sintang, Martin mengatakan dirinya sangat setuju dengan prnyataan dari Anggota DPRD tersebut, ia juga berpendapat bahwa Pendidikan karakter prlu di terapakan, sebab jika karakter seorang anak telah terbentuk dengan baik maka anak tersebut akan menjadi bijak, ujarnya. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *