MEMPERSIAPKAN GENERASI MILLENNIALIS YANG LEBIH SIAP

Foto : Vira Bella Ria


Detiksatu.com
Saat ini keterlibatan generasi millenial menjadi sangat penting dalam menentukan nasib suatu negara dimasa depan. karena maju mundurnya suatu negara terletak pada kualitas generasi penerusnya. Generasi milenial saat ini adalah mereka yang berusia antara 18-30 tahun. 

Jumlah ini cukup banyak di Indonesia saat ini, Populasi Indonesia saat ini adalah sekitar 260 juta jiwa. Dari 260 juta penduduk Indonesia tersebut 62,4 juta penduduk Indonesia adalah anak muda antara 12-25 tahun. Artinya, populasi generasi muda yang mencapai 25% dari populasi masyarakat Indonesia. Sebuah jumlah yang cukup besar dan angkatan kerja yang sangat signifikan untuk negara ini kedepannya.​

Adanya pertumbuhan yang semakin pesat Juga didukung oleh era yang semakin modern, hal ini menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk terus mengelola bakat-bakat generasi sekarang, karena untuk mencapai tujuan kebutuhan kerja yang seimbang maka diperlukan generasi yang bisa terus berinovasi, dapat berkembang, serta memiliki jiwa kepemimpinan. 

Indonesia diharapkan dapat terus mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif untuk menjawab berbagai tantangan serta persaingan global. Hal ini bisa diraih jika berbagai elemen bangsa turut aktif mendukung inspirasi cerdas sejak dini di kalangan generasi muda.​Generasi millenial saat ini sangat mahir dalam mengunakan teknologi, segala sesuatu bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, informasi dapat diperoleh dimana saja dan dari siapa saja. 

Dengan kemampuannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi ini memiliki banyak peluang untuk bisa berada jauh di depan dibanding generasi sebelumnya. Peran generasi millenial ini sangat besar di era digital, dengan kecanggihan smartphone mereka sudah bisa membuat berbagai konten dan bisa mengakses apa saja dengan mudah. 

Sering kali banyak dari mereka yang sukses berkat kemajuan teknologi saat ini.​Di era ini dengan segala kecanggihan teknologi, tingkat persaingan juga semakin tinggi. Kualitas dan kinerja manusia juga dituntut menjadi semakin tinggi. 

Generasi masa kini harus mampu beradaptasi dengan cepat, belajar dan menjadi lebih baik dengan cepat serta melakukan navigasi yang lincah dan tepat untuk dapat memecahkan setiap masalah. ​Generasi milenial wajib bermimpi dan punya tujuan hidup. 

Tetapi kalau dalam sehari-hari tidak ada gerakan, pengorbanan, kerja keras dan kemampuan, mimpi itu tidak akan menjadi kenyataan. Generasi muda yang cerdas dan kreatif dapat menjadi inspirasi yang membawa kemajuan bagi lingkungan sekitarnya. 

Merekapun dapat menjadi bagian generasi penerus bangsa yang membawa negara ini memiliki daya saing yang kuat di tengah persaingan industri di masa depan.​Merekalah yang menjadi cikal bakal generasi pembawa perubahan bagi bangsa ini. 

Dengan keseriusan pemerintah melaksanakan pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur digital diharapkan Indonesia mampu menjadi the leading country era industri. Apalagi didukung oleh sistem pendidikan yang baik maka optimis generasi kita akan mampu menembus batas dan membawa negara ini menjadi maju. 

Sebab saat generasi ini menjadi cerdas, kreatif, hebat dan berkarakter maka Indonesia pasti jaya.​Untuk itu, pembangunan dan peningkatan kualitas generasi muda Indonesia harus menjadi prioritas pemerintah. Mengingat, kemajuan serta masa depan bangsa ada di tangan pemuda. 

Peningkatan kualitas pemuda harus dilakukan dari berbagai sisi, baik dari sisi pendidikan, keterampilan, maupun karakter. Pemuda tidak hanya ditempatkan sebagai penerima manfaat dari suatu pembangunan, tetapi juga harus terlibat sebagai pengendali dalam proses pengambilan keputusan yang akan berpengaruh bagi pengembangan Indonesia yang kelak akan dipimpin para generasi muda.



Penulis : Vira Bella Ria

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *