Seleksi CPNS 2019: Seluk-beluk dan Fakta di Dalamnya

Foto : istimewa


Detiksatu.com
Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Seleksi CPNS masih sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta seleksi yang masih saja ramai dari tahun ke tahun. Sama seperti dua tahun sebelumnya, tahun ini pun Pendafataran CPNS kembali dibuka. 

Pendafataran CPNS tahun 2019 ini resmi dibuka pada tanggal 11 November 2019.
Ada 67 Kementerian dan Lembaga yang membuka lowongan CPNS dengan sekitar 152 ribu formasi. Di antaranya ada Kementerian Agama yang membuka lowongan terbanyak yaitu 5815 formasi. Selanjutnya, Kejaksaan Agung juga tak kalah banyak yaitu sebanyak 5203 formasi. Kementerian lain yang juga membuka banyak formasi adalah kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan plus Pendidikan Tinggi.

Pada pendaftaran CPNS 2019 sendiri, instansi yang paling banyak diminati adalah Kementerian Hukum dan HAM dengan formasi yang paling diminati yaitu Penjaga Tahanan baik pria maupun wanita. Per tanggal 25 November, pelamar untuk formasi Tahanan Pria telah menyentuh angka 260 ribu, sementara Penjanga Tahanan Wanita mencapai 120 ribu pelamar.

Selain itu, Guru Kelas juga menjadi salah satu yang paling diminati pada Seleksi CPNS tahun ini. Posisi yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini diminati oleh sekitar 203 ribu pelamar. Di Kementerian yang sama, formasi lain yang juga banyak diminati adalah Guru Agama Islam, Guru Matematika, dan Guru Bahasa Inggris.

Berdasarkan data tanggal 25 November tersebut, formasi di bidang kesehatan ternyata juga tidak kalah banyak peminatnya. Formasi yang paling banyak dilamar di Kementerian Kesehatan adalah Bidan dan Perawat dengan jumlah masing-masing mencapai lebih dari 158 ribu dan 127 ribu pelamar.

Pada tanggal yang sama, situs SSCN (situs resmi Seleksi CPNS 2019) telah mendata sekitar 4,8 juta orang yang membuat akun. Dari total jumlah tersebut, jumlah akun yang telah mengisi formulir pendafataran adalah sebanyak 3,9 juta akun. Sementara itu, akun yang sudah melakukan submit data adalah sekitar 3,2 juta akun.

Selain itu, per tanggal yang sama ditemukan pula formasi yang masih sepi pelamar seperti Pengelola Pemeliharaan Laboratorium, Pengelola Grafik Perjalanan Kereta Api, Masinis III Kapal Kelas I, Penelaah Manajemen Lantas, serta beberapa posisi Asisten Ahli (Dosen). Selain sepi peminat, formasi ini juga hanya dibuka dalam jumlah sedikit yaitu satu orang saja.

Pendafataran CPNS 2019 semula akan ditutup tanggal 24, 25 dan 26 November 2019, akhirnya diperpanjang oleh sebagian instansi. Sama dengan jadwal penutupan seharusnya yang variatif, jadwal perpanjangannya juga bervariasi tergantung dengan kementeriannya.
Kementerian yang masih akan dibuka pendaftarannya sampai 27 November adalah Kementerian PUPR, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan menutup pendafataran CPNS per tanggal 28 November.

Selanjutnya pada tanggal 30 November adalah batas waktu yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Kepegawaian Negara.

Terkahir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menutup pendaftaran pada tanggal 1 Desember 2019.


Penulis : Dwi Sartika

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *