KERJASAMA PEMERINTAH DAN RAKYAT UNTUK NEGARA YANG LEBIH BAIK





Detiksatu.com
Ada banyak permasalahan-permasalahan yang timbul dan dihadapi oleh sebuah negara baik itu dalam bidang sosial, ekonomi, politik, budaya, dan bidang-bidang lainnya. 

Permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi akibat kelalaian pemerintahan dalam memberikan pelayanan public kepada masyarakat. Hal utama yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat yang ada di dalam suatu negara adalah kenyamanan dan kesejahteraan dalam melakukan segala aktivitas.

Kurangnya pelayanan public pemerintah kepada masyarakat tentunya dapat disebabkan oleh banyak factor, misalnya pemberontakan masyarakat kepada pemerintahan yang tidak bersifat transparan terhadap masyarakat, tidak adanya kegiatan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, kurangnya perhatian pemerintah kepada masyarakat, perencanaan pembangunan negara yang salah rancangan, metode pemerintahan yang tidak cocok, dan masih banyak kendala-kendala dan factor-faktor penunjang permasalahan lain yang membuat serta memunculkan berbagai kesenjangan yang terjadi di dalam suatu negara.

Tentunya seluruh masyarakat menginginkan kehidupan yang normal dalam arti kehidupan dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi dimana dengan pemerintahan yang terbuka terhadap masyarakatnya dengan segala pelayanan-pelayanan yang memadai, berkecukupan kehidupan disegala aspek dan bidang. Jadi, siapapun yang bekerja dan menduduki jabatan dalam kepemerintahan, seluruh masyarakat kenegaraan sangat menuntut pemerintah untuk menjalankan tugas dan tanbggung jawab sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat dimana penuntutan tersebut kurang lebih seperti pelayanan yang baik, pemerataan atau keadilan pembangunan di setiap daerah yang ada di dalam negara tersebut, misalnya pemerataan di setiap daerah yang sama-sama mendapatkan Pendidikan, sama-sama mendapatkan pelayanan kesehatan, transportasi yang memadai, kebutuhan ekonomin yang cukup serta seluruh perencanaan pembangunan yang diberikan pemerintah kepada masyrakat harus serba dalam keadilan atau sama rata, masyarakat juga memerlukan keterbukaan pemerintah terhadap pemasukan dan pengeluaran yang ada di dalam suatu negara.

Pemerintah mulai sekarang harus memikirkan nasib negara dan masyarakat, maka pemerintah harus bersikap lebih terbuka terhadap masyarakat, memberikan segala keadilan, memberikan pelayanan yang memadai, memberikan kebutuhan sosial-ekonomi sehingga tidak tertinggal dari naegara lainnya. Peran pemerintah sangatlah besar dalam memberikan pelayanan kepada negara dan bersaing dengan negara lainnya. Jadi, pemerintah benar-benar harus membuat sebuah perencanan pembangunan yang matang sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dan dapat bersaing dengan negara lain.

Meskipun pemerintahan di dalam suatu negara memiliki peran yang sangat penting dan menjadi pemeran utama dalam membangun kenegaraan bukan berarti kita sebagai masyarakat hanya menerima makannya saja. Bukankah orang-orang yang menjadi bagian dalam kepemerintahan dulunya juga seorang rakyat dan bagaimana bisa kita hanya berdiam diri saja jika negara berada di dalam permasalahan, kita dan orang-orang yang ada di dalam kemeperintahan sama-sama seorang rakyat. Jadi, pemerintah juga mengharapkan bantuan dan kerjasama masyarakat dalam membangun negara, maka dengan begitu mulailah berpikir umtuk ikut serta dalam membangun dan membantu negara menjadi lebih sejahtera, jika berhasil bukan hanya untuk negara saja tetapi untuk diri kita sendiri juga dan negara akan bangga akan hal tersebut.

Pemerintah telah menyediakan tempat bagi kita untuk melakukan kerjasama tersebut, misalnya menyediakan tempat belajar untuk menempuh Pendidikan, menyediakan pelayanan kesehatan, menyediakan tempat perdaganagan seperti pasar bagi para Pedagang Kreatif Lapangan (PKL), dan masih banyak alternative serta infrastuktur lainnya yang telah disediakan pemerintah bagi kita untuk membangun negara  dan memberikan pelayanan terbaik bagi kita, semuanya diserahkan kepada kita masing-masiang bagaimana kita menykapinya, namun pemerintah sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari masayarakat untuk membangun negara kearah yang lebih baik serta dapat bersaing ataupun menyeimbangkan dengan negara-negara yang lebih baik sehingga negara kita tidak menjadi negara yang tertinggal.

Di dalam negara ini kita memang berbeda dengan banyak suku, adat, budaya, bahasa, dan agama tetapi kita tetap satu, jangan mau dihasut duniawi untuk memecah belahkan negara ini karena walaupun kita berbeda suku, budaya, agama kita tetap satu seperjuangan dan sepenaggungan. Ingatlah akan para pahlawan yang berjuang mempertahankan negara ini, maka kita harus benar-benar menjaganya dan membuatnya lebih baik. 

Ingatlah selalu semboyan negara kita yang berbunyi “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Berpegang teguhlah kepada semboyan itu maka dengan begitu tak aka ada permasalahan yang mungkin terjadi.


Penulis : Kepen Muhamat Nugroho

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *