PINGGIR JALAN BUKANLAH TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH (TPS)


Detiksatu.com
Berbicara mengenai masalah sampah adalah suatu permasalahan yang seakan-akan tiada habisnya dari dulu sampai sekarang. Hal ini berkaitan dengan kesadaran masyarakat yang masih kurang tentang kebersihan lingkungan sekitarnya. 

Pasalnya kondisi ini terlihat di jalan Ampera Raya, Kecamatan Ambawang, Kabupaten Kubu Raya menuju ke jalan raya Trans Kalimantan. Ruas jalan itu kerap menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) dadakan seperti dibuktikan ada ditemukan tumpukan sampah, dan ini bukanlah tumpukan sampah yang pertama. Sebelum tumpukan sampah yang ini juga pernah ada tumpukan sampah yang lainnya, hanya saja sudah dipasang plang larangan dan sudah dibersihkan sehingga sekarang tumpukan sampah di pinggir jalan yang dulu sudah tidak ada. Namun, sangat disayangkan hilang tumpukan sampah satu muncul lagi tumpukan sampah yang baru.

Masih ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang kerap kali membuang sampah sembarangan, terlebih sampah rumah tangga yang dibuang di pinggir jalan yang bukanlah tempat pembuangan sampah. Entah siapakah yang membuang sampah di pinggir jalan itu pertama kalinya. Berawal dari satu kantong plastik besar yang berisikan sampah rumah tangga yang dibuang di pinggir jalan yang memicu orang lain juga ikut membuang sampah di tempat tersebut. Sehingga terjadi penumpukan sampah di pinggir jalan yang bukan  seharusnya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. 

Tumpukan sampah di pinggir jalan sangat mengganggu pemandangan ketika melintasi jalan Ampera Raya yang menuju ke jalan raya Trans Kalimantan. Kini tumpukan sampah yang di pinggir jalan tersebut telah dipasang plang sebagai larangan membuang sampah dari dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kubu Raya. 

Sangat disayangkan masalah membuang sampah sembarangan (di pinggir jalan) sering dilakukan padahal pemerintah telah menyediakan bak truck sampah untuk tempat pembuangan sampah, yang nantinya sampah-sampahnya akan diangkut oleh petugas ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA). 
     
Hal ini bukan hanya terjadi di satu tempat saja, masih banyak tempat lain yang biasanya kita temukan ada sampah yang dibuang sembarangan. Di jalanan biasanya ada pengendara baik itu yang menggunakan kendaraan mobil maupun motor yang dengan seenaknya membuang sampah di pinggir jalan, perilaku tersebut karena tidak di dasari dengan rasa cinta akan kebersihan lingkungan hidup. Padahal apa susahnya membuang sampah pada tempatnya, kalau sedang berkendaraan tunggulah sampai menemukan tempat sampah baru sampahnya dibuang di sana. 

Terlebih yang menjadi sasaran untuk tempat membuang sampah adalah pinggir jalan lahan yang kosong. Mentang - mentang lahannya kosong ada saja orang yang dengan semena-mena membuang sampah di pinggir jalannya.

Sudah menjadi tugas kita secara bersama-sama baik itu pemerintah maupun masyarakatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Tumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Jangan sampai pinggir jalan dijadikan sebagai TPS dadakan lagi.


Penulis : Elisabet Winda

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *