Bela Peladang DAD Akan Lakukan Ritual Adat di Depan Pengadilan Negri Sanggau


Sanggau,Detiksatu.com
Bela 2 Orang  Peladang yang terdakwa sebagai kasus Kebakaran Hutan dan lahan,DAD Kabupaten Sanggau serta Organisasi Dayak Kabupaten Sanggau akan megawal proses persidangan dengan menurunkan masa besar-besaran dari 15 Kecamatan ,dalam agenda pembacaan tuntutan oleh pihak Jaksa Penuntut Umum.

Haltersebut disampaikan Oleh Sekjen DAD Kabupaten Sanggau Urbanus, Dengan Didampingi Oleh Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Marselinus Yeremias dan  Yuvenalis Krismono Serta Pamglima Dayak Kabupaten Sanggau Florensius Luni. Menurut Urbanus dirinya hanya meminta kepada penegak hukum agar melihat kasus ini dengan jernih disamping itu juga bahwa pihak terdakwa juga sudah mengikuti proses yang telah dilaui. Urbanus hanya meminta bahwa nantinya Dua Orang Peladang tersebut dapat Bebas.

“sekali lagi kami minta kepada pihak penegak hukum agar peladang kami orang Dayak dapat bebas Murni,karna peladang bukanlah penjahat,” tutur Urbanus. (13/2/2020) di depan pengadilan Negri Sanggau.

Disamping itu Urbanus juga mengatakan bahwa,Pihaknya juga akan terus mengawal kasus persidangan ini sampai selsai,dirinya juga akan menurunkan Sejumlah masa sebagai bentuk solidaritas dan dukungan moral kepada peladang pada sidang berikutnya.

“kami nanti akan menurunkan masa lebih banyak lagi,serta akan melakukan prosesi ritual Adat dan Sumpah dengan membawa Babi didepan Pengadilan Neri Sanggau” Kata Urbanus.

Apa yang dilakukanya agar pihak terkait dengan sebenar-benarnya menilai bahwa Peladang bukanlah penjahat,dan menurut urbanus apa bila kedua orang Tersebut dinyatakan bersalah karna telah melakukan pembukaan ladang dengan cara di bakar,sama artinya menyalahkan Nenek Moyang Orang Dayak yang mana telah berladang ribuan tahun yang lalu. ( Kornelis)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *