CEGAH KARHUTLA DENGAN PROGRAM DESA MANDIRI MENUJU LANGIT BIRU



SEKADAU, Detiksatu.com - Bertujuan mengubah pola pikir masyarakat dalam mengolah lahan serta menghindari Karhutla, koramil 1204/15 sekadau hilir gelar sosialisasi program desa mandiri menuju langit biru yang bertempat di aula kantor desa sungai ringin. Kamis, 27/2/20.

Program yang dicetus oleh pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan dinilai terbukti untuk menagkal karhutla yang menjadi permasalahan kearifan lokal masyarakat petani berladang.

Kegiatan yang dihadiri 3 pilar TNI, Polri dan pemerintahan desa tersebut diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat agar dalam membuka lahan untuk tidak dibakar sehingga menyebabkan polusi asap yang dapat mengganggu kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 15/sekadau hilir, Kapten Inf Laston Simare Mare menyebutkan pohon yang sebelumnya di bakar ketika membuka lahan, sekarang tidak perlu di bakar, namum dari pohon tersebut akan dilakukan penyulingan yang nantinya menjadi cuka kayu.

"Setelah ini, kita akan secepatnya mempraktekkan kepada masyarakat, bagaimana menjadikan kayu yang di tebang untuk di olah menjadi cuka kayu ". Pungkas Danramil singkat.

Sementara itu, Sekdes Sungai Ringin Akmal Setiadi Musran dalam kesempatan tersebut menyambut baik kegiatan yang dicetus pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad tersebut.

" semoga dengan adanya sosialisasi ini, pola bertani masyarakat dapat menjadi lebih baik ". Harap Akmal.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kanit Binmas Polsek Sekadau Hilir Aiptu Amsadi, Babinsa desa sungai ringin dan beberapa tokoh adat serta tokoh masyarakat di Desa Sungai Ringin. ( R. Hermanto )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *