Musdat ke-IV DAD Tarang Kecamatan Balai,ini Arahan Ketua DAD Kabupaten Sanggau.




Balai -Sanggau,Detiksatu.com
Agenda yang dilakukan oleh Dewan Adat Dayak Tarakng  Kecamatan Balai Batang merupakan kegiatan rutin dilakukan 5 Tahun sekali, Dalam musyawarah Adat Dayak tersebut dilakukanya juga pemilihan Ketua DAD Kecamatan  Balai Periode 2020-2025 Diaula Pamong Desa Balai Batang Tarang pada Sabtu (15/2/2020).

Pada kesempatan Tersebut turut Hadir Ketua DAD Kabupaten Sanggau Drs.Yohanes Ontot, Sekjen DAD Kabupaten Sanggau Urbanus, Pengurus DAD Provinsi Kaliamantan Barat Bidang Hubungan Internasional di Wakili Agustinus Clarus, Camat Balai, Danramil Balai, serta Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Dapil 3, Toni, dan Yuvenalis Krismono serta Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Adat Dayak Kecamatan Balai Batang Tarang.

Dalam arahanya  Ketua DAD Kabupaten Sanggau sekaligus Wakil Bupati Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot,agar selalu memperkuat lembaga khususnya untuk Dewan Adat Dayak  agar mampu untuk beradaptasi hingga jangan sampai peradaban orang Dayak sampai punah.



Dijelaskan juga oleh Yohanes Ontot bahwa berterimakasih juga kepada pemerintah karena telah memfasilitasi untuk menjadikan beberapa tempat masyarakat Dayak sudah ada memiliki Hutan adat serta di akui oleh Negara.

Dirinya juga berharap agar masyarakat dapat mencintai hutan dan hukum adat agar mencintai kearifan lokal agar memahami betul bagaimana pola peradaban Nenek moyang pada masa lalu.

"Saya berharap bagaimana tugas kita sebagai Dewan Adat Dayak masing masing  untuk menjaga lingkungan,menang pohon itu kalu tidak perlu di tebang jangan di tebang apa perlu di tanam pohon sebanyak mugkin" kata Ketua DAD Kabupaten Yohanes Ontot.

Yohanes Ontot berpesan agar tujuan Dewan Adat Dayak kedepan harus mampu menjalankan hubungan baik antara suku masyarakat adat dan antara masyarakat Adat lainya dan  harus mampu menjalin hubungan baik juga dengan pemerintahan.



"Tujuan kita DAD kita ingin menjalin hubungan baik antar suku masyarakat adat,dan antar masyarakat adat yang lain termasuk paguyuban dan termasuk dengan pemerintah kita tidak boleh exklusif, karena kita berada di tegah tengah Negara kita harus mampu menempatkan diri kita,pada posisi seharusnya sehingga kita mempu mempertahankan diri" pesan Yohanes Ontot.

Dirinya juga juga minta kepada DAD  exsistensi dan keberadaan orang Dayak terus ada, Serta menjalankan Tufoksi dewan adat Dayak bagaimana dia mewadahi lembaga dibawahnya sesuai degan atruran aturan Negara dengan aturan Adat  Dayak. (Kornelis)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *