Kedua Terdakwa Kasus Karhutla di Putuskan Penjara 2 Bulan 1 Hari dan denda 1 Juta Rupiah Dinyatakan Bersalah Akibat Kelalaian


Sanggau,Detiksatu.Com
Setelah melaksanakan rangkaian pemroses hukum ahirnya Kedua terdakwa Kasus Karhutla Teruna dan Sugiman di nyatakan Bersalah Akibat kelalianya oleh Hakim Ketua Arief Boediono,di Pengadilan Negeri Sanggau (30/3/2020).

Dalam proses sidang berlangsung di kawal ketat oleh Aparat Kepolisian dan pihak TNI,serta terdapat juga beberapa pimpinan organisasi Dayak turut mengawal proses persidangan.

Proses Pembacaan Persidangan yang kuranglebih hampir 1 jam berlangsung tersebut kedua terdakwa dinyatakan,Bersalah akibat Kelalian dengan Putusan Hakim, 2 Bulan Satu Hari Denda satu juta rupiah, di potong masa tahanan dan persidangan Terdakwa ahirnya  Bebas.

Pada kesempatan tersebut Sekjen DAD Kabupaten Sanggau Urbanus Mengucap terimakash kepada semua pihak yang telah mengawal persidangan Kasus Karhutla sampai saat ini

“Saya mengucap terimakasih kepada Seluruh Masyarakat Kalbar dan Khususnya Kabupaten Sanggau dan Seluruh Organisasi Masyarakat Pemuda Dayak serta organisasi lainya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,dan pihak keamanan dan Aparat Penegak Hukum,Kejaksaan dan Pangadilan yang telah mengawal Semua ini hingga Selsai” tutur Urbanus.

Urbanus juga berharap kedapan tidak ada lagi peladang yang di kriminalisasi dan di tangkap sehingga sehingga masyarakat Dayak dan masyarakat yang mayoritas berladang tidak ada yang tersangkut hukum.

“ saya berharap kita setelah ini di bulan agustus nanti tetap berladang, dan kedapan tidak ada lagi peladang yang di tangkap oleh aparat,kalipun memang ada peladang yang melakukan kesalahan biarlah di selesaikan secara masyarakat adat kalu tidak mampu maka akan di serahkan ke Aparat penegak hukum” Pinta Urbanus.

Namun di tempat terpisah saat di temui Jaksa penuntut umum Agus Eko Wahyudi menuggu masa  tujuh hari apakah dilakukan Banding atau tidak.

" Masih mikir mikir kita pertimbangkan apkah lanjut atau tidak" ujar Eko  (Kornelis)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *