TIGA PILAR PILIH LAHAN GAMBUT UNTUK PERCONTOHAN PENGOLAHAN LAHAN TANPA BAKAR


SEKADAU, Detiksatu.com - Pasca dicetuskannya program desa mandiri menuju langit biru oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang dinilai terbukti mampu untuk menangkal karhutla dàn telah disosialisasikan secara serentak diseluruh jajaran TNI kepada masyarakat, Koramil1204-15/Sekadau hilir pilih dan tentukan lahan untuk percontohan. Senin,  9/3/20 kemarin.

Didampingi Babinsa Sertu Katiman, Bhabinkamtibmas Brigadir Subhan syah khan dan Sekdes Sungai ringin Akhmal setiadi Musran,S.Pd memilih lahan milik Mis'an warga dusun Sungai ringin, desa Sungai ringin, kecamatan Sekadau hilir kabupaten Sekadau dengan luas lahan 0.5 Ha.

" Lahan yang dipilih tersebut berupa lahan gambut yang selama ini mereka kelola  dengan cara membakar ". Ujar Danramil.

Danramil menjelaskan juga cara pengolahan lahan tanpa membakar dan manfaat kayu yang ditebang diolah menjadi cuka kayu sehingga menjadi nilai ekonomis buat masyarakat terutama pemilik lahan.

Menurutnya, rencana selanjutnya adalah gotong royong untuk penebasan lahan bersama masyarakat dan pemilik Lahan yang sudah disepakati oleh 3 Pilar pada awal bulan mei 2020 mendatang. ( R. Hermanto )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *