Tuah Mangasih Apresiasi Kementerian PUPR Beli Karet Petani Untuk Campuran Aspal

SINTANG – Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih sangat menyambut baik rencana Kementerian PUPR yang akan membeli karet petani. Menurutnya, jika hal itu terlaksana, maka para petani karet, khususnya di Kabupaten Sintang akan tertolong.

“Mudah-mudahan hal itu terealisir dan yang pastinya hal itu sangat membantu para petani kulat di daerah kita yang selama ini sudah terpuruk dan ditambah lagi dengan mewabahnya covid-19 saat ini,” ujar politisi PDI Perjuangan ini, Kamis (16/4/2020) melalui pesan whatsapp.

Tuah Mangasih menuturkan, jauh sebelum wabah penyebaran Covid-19 merebak, dirinya pun sudah berharap agar pemerintah mengakomodir berbagai produksi komoditas masyarakat untuk diberdayakan sebagai bahan baku campuran dan lainnya.

Kita bersyukur bahwa apa yang menjadi gagasan dan ide yang dikemukakan Pak Menteri PUPR agar pembangunan infrastruktur ini bisa menggunakan bahan baku yang diproduksi oleh masyarakat kita yaitu diantaranya karet, ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya berharap, kebijakan ini tidak hanya kebijakan saat pandemi Covid-19 saja, namun program ini terus berlanjut dan terkoordinir secara baik dan sistemtis kedepannya. Apa lagi regulasi mengenai norma, standar, prosedur dan manual penggunaan karet untuk campuran aspal sudah diterbitkan melalui Surat Edaran (SE) Menteri PUPR Nomor 04/SE/M/2019.

Mudah-mudahan kebijakan ini tidak hanya di zaman ini saja, karena nilai harga karet turun ini sudah tujuh tahun lebih lamanya. Kemudian ini menjadi kebijakan sebagaimana yang ada di surat edaran menteri tersebut, pintanya.

Seperti diberitakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk membeli karet dari rakyat. Anggaran ini masuk dalam program percepatan padat karya tunai yang digenjot Kementerian PUPR dan nantinya karet ini akan digunakan sebagai bahan baku untuk aspal.(phs)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *