Upacara Pelantikan Dewan Adat Dayak Kecamatan kelam Permai Masa Bahti 2020-2025

Detiksatu,com.


Adapun acara pembuka menyanyikan lagu indonesia raya, acara pelantikan Dewan Adat Dayak berlangsung di rumah Betang Desa Kebong; dalam kegiatan tersebut tampak hadir Kepala DAD Kabupaten Sintang,Kepala dinas Pariwisata Kabupaten Sintang,Angota DPRD Sintang,Camat Kelam permai yang mewakili,Damramil kelam permai,Kapolsek kelam permai,tokoh Adat yang di lantik,berserta masyarakat yang hadir.(Selasa 27-Oktober-2020).

adapun rangkayan adat yang di lakukan,seluruh angota adat yang dilantik yaitu berjanji atau bersumpah dengan ditaburi beras kuning.

Dalam sambutanya ketua Dewan Adat Dayak kelam permai(Ensawing S.pd) begitu kita di beri janji oleh ketua DAD Kabupaten Sintang yang didengar leluhur-leluhur kita yang ada di bukit kelam,bukit luit,bukit rentap mereka banga melihat kita.

mari kita cam kan,mari kita bawa hasil dari pada janji yang telah kita ucap bersama sama,kita di suruh menjaga aset leluhur kita yang terpenting jati diri sebagai orang dayak ulasan tegasnya.

ketua dewan adat dayak kelam permai(Ensawing S.pd) berpesan untuk seluruh angotanya,mari kita menjaga seluruh aset kelestarian hutan adat dayak,karna banyak sekali hutan adat dayak kita yang tidak ketauhan dimana beradanya,kita tidak tau batasnya,leluhur yang kita sebutkan tadi akan menangis kalau tidak bisa kita mencari aset kita lalu leluhur kita akan sedih,kalau kita sebagai orang dayak tidak tau tempat kita,tidak tau temunik kita,maka sekali lagi saya kata kan kita di buat di DAD ini untuk menjaga aset leluhur kita ulasnya.

kemudian lagi di dalam janji tadi adalah menjaga hukum adat dayak,kalau hukum nasional ada yang menjaga kita khusus menjaga hukum adat dayak saja,karena ada banyak hukum adat dayak kita dipelintirkan oleh orang dan kadang di angap orang remeh saya katakan suku dayak adalah yang salah satunya suku yang ditakuti di Indonesia bahkan Dunia ulasnya.

ketua DAD kelam permai juga memberi pesan untuk angota nya,jika ada yang menganggu kita orang dayak,budaya kita orang dayak libas."hidup dayak",dan di turuti angotanya "hidup".

dan ahkir disampaikan oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffrai Edward yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang,dengan singkat "kalau bukan dayak yang ngurus kita sendirik,mau suruh siapa lagi",karna memang itulah yang harus kita lakukan bagaimana kita memajukan kaum kita ini ulas nya,

acara pelantikan Dewan adat dayak kelam permai tahun ini berlangsung singkat,mengingat masih pandemi,namun demikaian acara pelantikan tetap berjalan lancar dan hikmat.

Alandri




Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *