November 19, 2021 Oleh Admin Off

Bupati Sanggau Apresiasi Semangat Dompu Masyarakat Balai Lintas Etnis

Sanggau,Detiksatu.com

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengapresiasi masyarakat Balai antar etnis yang bersatu untuk membantu masyarakat Sanggau yang terdampak banjir. Hal ini disampaikannya usai prosesi simbolis serah terima bantuan Forum Komunikasi Lintas Etnis dan Budaya Kecamatan Balai Batang Tarang kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau di teras Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sanggau, Kamis (18/11/2021).

“Balai sudah menunjukkan semangat berdompunya untuk korban banjir, gotong royongnya Kabupaten Sanggau, kami ucapkan terima kasih. Yang luar biasa bagi saya dan saya apresiasi adalah kegiatan ini diprakarsai secara bersama-sama lintas etnis dan itu hebat serta semangat ini harus tetap dijaga karena inilah semangat berdompu itu,” ungkap Bupati Sanggau.

Bupati yang menjunjung tinggi nilai pluralisme ini berpesan agar semangat berdompu lintas etnis ini bisa ditiru oleh masyarakat Sanggau di tempat lainnya. Menurutnya, hal ini merupakan kepemimpinan yang baik oleh Camat bersama Forkopimcam Balai.

“Ini adalah contoh dan perlu diikuti oleh masyarakat Sanggau lainnya agar semangat berdompu ini tetap bertumbuh karena tidak mampu Sanggau ini mengurus diri sendiri kalau tidak bersama-sama,” ucap Paolus Hadi.

Bupati Sanggau juga menginstruksikan kepada BPBD Kabupaten Sanggau agar seluruh bantuan bisa terkoordinir dengan baik agar pendistribusiannya bisa terjangkau dengan maksimal.

“Artinya jangan nanti ada kabar bahwa, ada korban yang tidak dapat bantuan, ada yang dapatnya itu –itu saja,” ujarnya yang saat itu didampingi Sekretaris Daerah Kukuh Triyatmaka dan sejumlah kepala OPD.

Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau ini juga mengingatkan, bantuan yang akan disalurkan melalui Pemerintah Daerah disarankan berupa barang-barang. Pihaknya pun mempercayakan pengelolaan penyaluran bantuan.

“Jangan nanti ada yang bertanya, bantuan tersebut sampainya berapa? Apa lagi yang namanya duit. Yang disalurkan melalui Pemerintah, jangan serahkan uang. Jika berbentuk uang pun silahkan dikelola dalam bentuk barang-barang keperluan para korban,” ucapnya.

Meskipun banjir sudah mulai surut, namun Paolus Hadi berharap bantuan-bantuan masih perlu disalurkan.

“Dan puji Tuhan, air sudah surut. Laporannya turunnya 5 centi. Tapi pengungsi masih ada yang belum pulang karena tempat tinggalnya masih terendam air,” kata Pria yang akrab disapa PH ini.

Bantuan yang berupa 1 ton beras, 202 dus mie instan, selimut serta perlengkapan sehari-hari ini, langsung diserahkan Bupati Sanggau ke BPBD Kabupaten Sanggau untuk didistribusikan ke korban banjir.

Forum Komunikasi Lintas Etnis dan Budaya tersebut terdiri dari DAD Kecamatan Balai, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Majelis Adat Budaya, Tionghua (MABT), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Pemuda Pancasila, Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS), Pemuda Orang Melayu (POM), Forum Komunikasi Kades Kecamatan Balai, Perhimpunan Pemuda dan Mahasiswa Dayak Batang Tarang, Persaudaraan Flobamora, King Rattle Club Korwil Batang Tarang, Orang Muda Katolik (OMK), Yayasan Dharma Bakti Batang Tarang, serta yang lainnya.