Masih Dimasa Pandemi Covid-19,MABT Kabupaten Sanggau Rayakan Cap Hp Meh Dengan Sederhana

oleh

Sanggau,Detiksatu.com
Agenda Tahunan yang di lakukan oleh MABT Kabupaten Sanggau bersama segan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kembali di gelar dengan acara ritual itu berlangsung di pekong Tridharma, ilir Kota, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Selasa(15/2).

Di dalam ritual adat Cap Go Meh yang berlangsung di Pekong Tridharma, terdapat pertunjukan Berongsai, dan ritual adat lainya, selain pertunjukan Baronsai yang di sugukan dalam acara ritual Cap Go Meh 2022 di Pekong Thridharma, Bupati Sanggau Paolus Hadi berkesempatan Menyalakan Kembang apai, ritual yang menandakan penutupan hari raya imlek bagi masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sanggau.

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan, agenda Pemerintah Kabupaten Sanggau tentunya bersama masyarakat Tionghoa merayakan hari raya Cap Go Meh, ini sudah menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dirayakan, ungkap Paolus Hadi.

“Namun 2 tahun terakhir ini kita hanya fokus melaksanakan ritual saja, tanpa merayakanya, hal itu dikarnakan pandemi Covid-19 yang melanda Negri ini”, terangya.

“Sebelum pandemi Covid-19 kita bisa melaksanakan festival-festival pertunjukan, ciri khas kebudayaan Tionghoa, tapi hari ini kita belum bisa melaksanakan itu secara total”,ungkap Paolus Hadi.

“Saya berpesan kepada Masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sanggau untuk tetap semangat, jadilah Pelangi sebagaimana tema dalam ritual adat Cap Go Meh di Tahun 2022 ini, berikanlah untuk semua orang yang indah yang memancarkan warna warni bagi masyarakat Sanggau”, pesan Paolus Hadi di dalam acara tersebut.

Ditempat yang sama,Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sanggau Aldi Hermawan mengatakan, tujuan dari kegiatan ritual Cap Go Meh pada hari ini sebagai penutup, dari hari raya Imlek yang di rayakan oleh Masyarakat Tionghoa yang ada di Kabupaten Sanggau, kata Hermawan.

“jadi hari ini penutupnya, ini merupakan hari terakhir untuk Masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek, jadi besok sudah bisa ber aktivitas seperti biasa”, ungkap Aldi.

Hermawan selaku Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sanggau, Merasa berterimakasih Kepada Pemkab Sanggau yang telah mendukung sepenuhnya ritual adat Cap Go Mah di Kabupaten Sanggau, Menurut Hermawan itu suatau hal yang positif yang di tunjukan Pemkab Sanggau terhadap seluruh Masyarakat di Sanggau, dan itu menjadikan Masyarakat sanggau tenang dan nyaman walau hidup berdampingan dengan keberagaman eknis dan suku bangsa, namaun bisa hidup berdampingan dengan damai, ungkap AldiHermawan. (Kornelis)

No More Posts Available.

No more pages to load.