• Juni 13, 2021
 Pemanfaatan E – LKPD dalam PJJ Di Masa Pandemi Covid -19 
SMA Negeri 2 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu

Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, salah satunya pendidikan menengah. Adanya wabah virus ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka, dimana ada interaksi langsung antara guru dan peserta didik.

Dunia pendidikan diharapkan mampu beradaptasi sehingga dapat diperoleh kegiatan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan. Di sisi lain, dampak positif pandemi covid – 19 ini mampu mengakselerasi pendidikan 4.0, dimana guru dituntut untuk mengintegrasikan teknologi cyber dalam membuat inovasi media pembelajaran dan media evaluasi belajar pada peserta didik melalui moda daring. Hal ini menjadi tantangan besar yang dirasakan oleh guru sebagai fasilitator dan peserta didik aktif dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

PJJ di masa pandemi covid – 19 ini secara umum hanya mentransfer ilmu atau materi pembelajaran dalam bentuk video, power point, word, pdf, penugasan yang melalui whatshapp, google classroom, dan e – learning sekolah.

Peserta didik dituntut untuk bisa membaca, merangkum, memahami, mengerjakan soal sendiri sesuai dengan materi yang terkait yang telah ditransfer guru, sehingga membuat peserta didik lama – kelamaan merasa lelah, jenuh, bosan, serta mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

Sebagai upaya untuk merealisasikan keterlibatan peserta didik secara aktif pada proses pembelajaran, maka diperlukan suatu media dan bahan ajar yang tepat serta dapat memenuhi kebutuhan peserta didik tanpa merasa jenuh.

Dalam PJJ ini, salah satu hal yang perlu untuk proses pembelajaran adalah adanya bahan ajar online yang menggunakan media yang menarik dan mudah diakses oleh peserta didik.

Oleh karena itu, diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang lebih inovatif dan dapat dikemas dalam bentuk online. Dahulu LKPD hanya berupa lembar kerja yang berisikan informasi dan instruksi dari guru kepada peserta didik agar dapat mengerjakan sendiri suatu aktivitas belajar melalui praktik atau penerapan hasil belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Saat ini LKPD dapat berbentuk online atau dikenal dengan E – LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik).

E – LKPD merupakan lembar kerja peserta didik yang didalamnya terdapat ringkasan materi (video dan audio), soal – soal, dan petunjuk – petunjuk pelaksanaan tugas yang dikerjakan oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dikemas dalam interaktif multimedia.

Adanya E – LKPD ini dapat menjembatani kegiatan pembelajaran agar terbentuk interaksi yang efektif, sehingga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi dan minat belajar.

Salah satu platform gratis untuk membuat E – LKPD adalah website Liveworksheet.com. Guru dapat membuat E – LKPD ini sesuai tujuan pembelajaran esensial yang ingin dicapai dengan tampilan yang menarik minat belajar peserta didik.

Lembar kerja yang disajikan melalui liveworksheets ini sangat mudah dibuat, dimana guru dapat membuat soal sendiri atau mengambil soal yang sudah ada. Di dalam E – LKPD ini, guru juga dapat menyisipkan video pembelajaran dari youtube, audio penjelasan materi, serta mengembangkan tipe soal yang beragam mulai dari pilihan ganda, mencocokkan, mencentang, drag and drop, dan lain – lain.

Selain itu, kunci jawaban dari soal yang diberikan dapat langsung dimasukkan pada aplikasi, sehingga setelah peserta didik selesai mengerjakan soal secara online maka nilainya dapat langsung muncul tanpa harus mengoreksi satu persatu dan jawaban secara langsung masuk ke email guru tersebut.

Hal ini yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 2 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu untuk menunjang dan mengatasi kejenuhan peserta didik dalam PJJ.Cara mengerjakan E – LKPD ini mudah dan praktis, karena peserta didik hanya membuka link yang diberikan oleh guru, kemudian mengikuti petunjuk pengerjaan yang disajikan dalam E – LKPD.

Misalnya dalam petunjuk E – LKPD, peserta didik diminta mengamati video atau gambar, maka peserta didik meng-klik video atau gambar tersebut lalu mengikuti petunjuk berikutnya untuk meng-klik drag and drop/menjodohkan/mencentang/memilih jawaban benar. Berikut adalah contoh E – LKPD yang dikerjakan oleh peserta didik, diantanya :

Penerapan E – LKPD di SMA Negeri 2 Putussibau ini dirasakan berdampak positif, dimana peserta didik menjadi lebih senang, termotivasi dalam belajar, serta dapat mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dalam evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Dengan demikian, peserta didik merasa tidak jenuh dengan tampilan pembelajaran yang lebih kepada penugasan semata, serta diharapkan dapat menguasai konsep penting yang disajikan dalam beragam mata pelajaran baik bahasa, sains, matematika, sosial, agama, dan lainnya.

Penulis : Gemma Deo Pangestu, S. Pd (Guru Fisika SMA Negeri 2 Putussibau)

Gambar Tampilan di Email Guru

Related post