Terkait Inflasi, Disperindagkop Selalu Monitor Harga Pasar

oleh

Sintang, 10 Januari 2023 bertempat di kantor Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Sintang Ir.Arbudin,M.SI selaku Kepala Disperindagkop dan UKM menyampaikan terkait inflasi Daerah untuk Kabupaten Sintang pada saat ini pada bulan Oktober mengalami kenaikan tinggi. Terkait dengan inflasi ini Pemerintah Daerah berkordinasi dengan Pemerintah Provinsi, Bapak Arbudin mengatakan mengambil tindakan operasi pasar terutama penyediaan sembako dengan demikian bisa menahan laju kenaikan.
Dikatakannya, hingga pada angka 5% untuk bulan depan kita masih di perkirakan masih menghadapi hal ini. Disperindagkop dan UMKM tetap memonitor harga-harga di pasar memang ada kenaikan akan tetapi masih dalam hal yang wajar.
Selain tindakan operasi pasar untuk mencegah kenaikan inflasi pemerintah juga mengadakan himbauan kepada masyarakat agar penanam tanaman-tanaman yang memicu kenaikan angka inflasi seperti cabai dan sayuran. Sekarang sudah di buat Surat Edaran oleh Bupati Sintang agar seluruh ASN untuk menanam cabai sudah di himbau sejak bukan Oktober yang lalu.
Diharap dalam jangka waktu 3 bulan kedepan harga masih bisa terkendali. Langkah untuk menekan inflasi Bapak Arbudin mengatakan Disperidagkop dan UMKM tetap melaksanakan kordinasi setiap bulan memalukan monitoring operasi pasar bersama.
Kemudian mengunjungi agen-agen untuk memantau stok kesedihan pangan dan 9 bahan pokok seperti daging dan juga sayur mayur. Pemerintah melakukan semacam kerja sama daerah kerjasama daerah penghasil sayuran seperti Singkawang Kuburaya dan lain nya. Bapak Arbudin juga mengatakan pemerintah harus meningkatkan akses transportasi karena ini juga penting seperti pakak daerah penghasil cabai terkadang tidak bisa akses ke pasar karena kondisi jalan.
9 bahan pokok terutama untuk tahun 2023 awal jadi Januari, Februari, Maret ini bisa di katakan aman, Disperindagkop dan UMKM sudah melakukan rapat teknis berkaitan dengan inflasi. Secara Rutin dari kementerian dalam negeri melakukan rapat setiap hari Senin sebagai evaluasi dan dan di saat itu juga melakukan kordinasi dari Bulog Sintang ketersediaan sembako, ketersediaan daging terutama.Bapak Arbudin mengatakan bahwa Cukup untuk ketersediaan 3 bulan kedepan setelah masuk bulan kedua akan melakukan kordinasi lagi supaya Bulog tetap melakukan menyediakan mengontrol beras, gula, daging sapi.(ES)

No More Posts Available.

No more pages to load.