USAID MADANI Libatkan SIS Pertahankan Kapasitas, Legitimasi, dan Keberlanjutan Masyarakat Sipil

oleh

Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh tim FHI360 yang diwakili oleh Selma Hayati (Deputy Chief of Party) , Sunardi (Technical Director) bersama Mulyadi (Senior Field Coordinator) Kalbar. dilaksanakan di kabupaten sintang pada tanggal 27 mei 2022 yang melibatkan Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) Selaku Lead Partner (LP) USAID MADANI, Forum Belajar Stakeholder Kapuas Raya (FORSTAR) selaku Learning Forum/Simpul Belajar (LF), serta Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) antara lain Kesbangpol , Bappeda, Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan, DPMPD, dan Bupati Kab Sintang.
Latar belakang di laksanakannya kegiatan monitoring yaitu untuk memperkuat akuntabilitas Pemerintah Daerah dan toleransi komunal di Indonesia dengan meningkatkan dan mempertahankan kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan masyarakat sipil lokal di 32 kabupaten di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Di Kalimantan barat sendiri tim monitoring mengunjungi beberapa kabupaten lain yang menjadi mitra program USAID MADANI yaitu Kabupaten Sintang, Singkawang, Sambas , dan Mempawah.
Monitoring diawali dengan mengujungi kantor SIS dengan mengupdate proses yang telah dilakukan oleh LP terkait isu tematik lalu bagaimana dengan tantangan dan hambatan yang di temukan oleh LP dalam pengimplementasiannya, selain itu juga membahas tentang bagaimana manfaat dan pekembangan yang dirasakan dari Technical Asistance (TA) yang di berikan oleh USAID MADANI kepada LP dan LF di Kabupaten Sintang.
Kemudian pertemuan dilanjutkan bersama FORSTAR yang membahas tentang sejarah Simpul Belajar FORSTAR dan bagaimana dinamika di dalamnya. Sunardi selaku tim monitoring menjelaskan bagaimana fungsi sebenarnya Simpul Belajar dan bagaimana simpul belajar dapat bekerja dalam meningkatkan kapasitas anggota di dalamnya dan masyarakat.
Kunjungan terakhir yang di fasilitasi oleh BAPPEDA dilaksanakan kepada para OPD yang juga melibatkan LP dan LF, Bupati Sintang yang juga menghadiri pertemuan menyambut baik dilaksanakannya Monitoring oleh tim program USAID MADANI yaitu FHI360, kemudian kunjungan berpindah ke kantor BAPPEDA Bersama dengan OPD-OPD terkait yang membahas tentang komunikasi dan kolaborasi antara OMS dengan Pemda di Kabupaten Sintang khususnya SIS dalam pelaksanaan isu tematiknya tentang Pemetaan dan penegasan batas desa berbasis Sumberdaya alam yang tentunya membutuhkan partisipasi parapihak serta pentingnya produk hukum yang dihasilkan agar dapat berkontribusi dalam tatakelola pemerintahan yang lebih baik.

No More Posts Available.

No more pages to load.